02 February 2011

Pengantin Cirebon

Diambil dari sini, mari sedikit membahas tentang busana pengantin cirebon :)

Sejak setelah tahun 1985, busana pengantin yang lazim digunakan oleh dua keraton Cirebon yakni Kasepuhan dan Kanoman ditetapkan sebagai busana pengantin Cirebon maka busana pengantin kedua keraton tersebut kini resmi sebagai busana adat pengantin Cirebon.
Karena berasal dari dua keraton maka busana pengantin Cirebon pun terbagi menjadi dua macam yakni busana pengantin Kepangeranan yang berasal dari keraton Kasepuhan dan busana pengantin Kebesaran yang berasal dari keraton Kanoman. Tapi, karena kedua keraton tersebut yang memang pada awalnya merupakan keraton yang sama maka tak heran kiranya jika kemudian aksesoris yang dipakai dalam busana pengantin kedua keraton itu memiliki kesamaan satu sama lain, pun begitu dengan makna-makna dari simbol yang terkandung di dalamnya. 

Di masa lalu, busana pengantin Cirebonan hanya diperuntukkan bagi kalangan bangsawan keturunan Keraton Cirebon. Salah satu ritual yang harus dijalani calon pengantin pun berziarah ke makam Sunan Gunung Jati, agar mendapatkan berkah dari para leluhur.

Kepangeranan

Kebesaran Pria

Kebesaran Wanita

Hijau banget yak baju pengantinnya? Karena ibu masih ada keturunan dari keraton Kanoman, jadi lah pilihan gw cuma yg Kebesaran. Nggak suka sama bajunya karena terbuka banget, tapi mahkotanya itu yang jadi idaman. Mahkota suri cirebon nggak kalah bagus sama siger-nya sunda :)


source: portalcirebon, majalah perkawinan

2 comments:

  1. Saya suka dengan baju ini...Minta info untuk penyewaan baju pengantin khas cirebon ini yang warna hijau (kebesaran pri dan wanita) untuk acara pernikahan

    ReplyDelete
  2. Hi, ini penyewaan baju adat cirebon daerah mana? boleh minta info

    ReplyDelete